Senin, 23 Januari 2017

Definisi Dari Front Office

Definisi Dari Front Office 

Adalah merupakan departemen yang bertanggung jawab atas penjualan kamar hotel berdasarkan cara yang sistematik melalui reservasi hingga penyerahan kamar kepada tamu hotel dan memberikan pelayanan informasi kepada para tamu hotel selama mereka berada dan menginap dihotel . Dapat dilihat dari definisi diatas bahwa kantor depan merupakan departemen yang memiliki peranan sebagai penjual kamar dan secara langsung

merupakan sumber pendapatan utama setiap hotel. Departemen memberikan layanan yang penuh kepada tamu dari sebelum tamu menginap, saat kedatangan tamu, selama tinggal di hotel, dan saat hendak meninggalkan hotel.
Fungsi Dan Tujuan Kantor Depan :

Kantor Depan adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan di bagian kantor depan
dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik atau buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan
pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka dating untuk menginap maupun tidak di suatu Hotel. Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan sebagai berikut :

“Mungkinkah kita mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan image yang baik kepada para tamu kita “.

front office secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan bagian Kantor depan atau Biasa di sebut dengan front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan jumlah tamu langganan
  • Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
  • Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
  • Membentuk citra hotel yang positif    
 Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut 

dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah 

 Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: 
      1. Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
      2. Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
      3. Melaporkan status kamar yang terkini
      4. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
      5. Membuat laporan yang dibutuhkan oleh hotel
      6. Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
      7. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
      8. Menyelesaikan keluhan tamu

      Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal. 

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar